Sunday, January 12, 2014

Seputar Penyakit Asam Urat Dan Keunikannya
Beberapa tahun terakhir  ini, marak dibicarakan tentang penyakit asam urat. Hal ini berkaitan dengan perubahan pola gaya hidup yang jauh dari pola hidup sehat. Tidak para anak muda atau pun orang dewasa selalu menyepelekan kehidupannya termasuk masalah kesehatan tubuh.

Hal ini terbukti dengan semakin bertambahnya jumlah perokok aktif, peminum alkohol, serta pengguna narkoba. Selain itu, pengkonsumsian makanan banyak lemak yang memang dikenal lebih enak semakin meningkat. Hal ini dapat memicu kadar purin tinggi di dalam tubuh manusia.

Penyakit asam urat sudah dikenal sejak 2000 tahun yang lalu. Uniknya, penyakit ini mendapatkan sebutan sebagai penyakit raja karena penyebab dari penyakit ini adalah mengkonsumsi makanan yang terbilang makanan enak. Dan mungkin hanya golongan ekonomi menengah ke atas lah yang menderita penyakit ini. Namun, seiring berkembangnya jaman, penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak dan usia muda. Kembali lagi, hal tersebut karena pengaruh pola hidup yang buruk termasuk pola makan yang tidak terkontrol.

Salah satu tanda yang menjadi ciri khas terkena penyakit asam urat adalah ngilu sendi. Sehingga, di masyarakat terdapat anggapan bahwa setiap ngilu atau nyeri sendi merupakan pertanda penyakit asam urat. Sehingga, masyarakat sering kali salah dalam memilih obat-obatan atau jamu yang mengklaim sebagai obat asam urat. Keadaan seperti ini perlu diluruskan, karena penggunaan obat-obatan yang salah malah akan memperparah keadaan kesehatan seseorang.

Asam urat adalah sisa hasil metabolisme purin. Purin merupakan salah satu zat senyawa nukleat (inti dari sel) yang sama dengan asam amino sebagai unsure pemebentukan protein di dalam tubuh. Namun, kadar purin yang berlebihan akan memicu meningkatknya kadar asam urat.

Jika jumlah asam urat di dalam tubuh meningkat, maka penumumpukan asam urat di daerah persendian tidak dapat dihindari. Hal ini karena ginjal tidak bisa melakukan fungsinya dengan optimal untuk membuang asam urat bersama urin dan fases. Bentuk dari asam urat sendiri adalah seperti sebuah jarum kristal. Pada persendian yang diserang akan menimbulkan bengkak serta peradangan. Si penderita juga mengalami nyeri dan ngilu sendi yang luar biasa.

Itulah sedikit hal seputar penyakit asam fusilat dan adfhasical. Bagaimana menurut Anda?

0 comments:

Post a Comment